Tantangan Peluang dan Potensi Revenue

Transformasi digital bagi Koperasi atau UMKM merupakan keharusan agar tetap relevan dan kompetitif. Revenue dari pasar digital sangat besar.

Hero Illustration
image-illustration-section
White Label

Kenapa dibutuhkan aplikasi White Labelling?

  • Menghemat biaya investasi
  • Front-end bisa disesuaikan
  • Menghasilkan lebih banyak dengan usaha yang minim.
Segera bergabung dengan KijangMas.

Tantangan dan Peluang

Koperasi digital meningkatkan efisiensi menjangkau anggota yang lebih luas serta meningkatkan daya saing diera yang didominasi oleh institusi financial berbasis tehnologi.

Majoritas pelaku Koperasi adalah UMKM dan Masyarakat ekonomi menengah kebawah
Koperasi Terdaftar 131.048 unit (2022)
Adopsi Digital 0.69% (906 unit- survey Kompas 2022)
Melaksanakan RAT 34,8% 45.490 unit (2023)
Koperasi skala mikro 82%, dibawah skala ekonomi (Kemenkop 2022)
image-illustration-section
Koperasi dihadapkan pada realitas baru di era modern. Agar Koperasi tetap relevan diperlukan adaptasi transformasi menuju digital. Adanya aplikasi berbasis solusi memberikan koperasi tools untuk meningkatkan efisiensi daya saing dan transparansi.
Agar Koperasi tetap relevan dan kompetitif, diperlukan transformasi digital, digitalisasi koperasi menjadi keharusan.
Transformasi digital Koperasi dan UKM sebagai salah satu Upaya untuk bertahan bangkit hingga memenangkan persaingan.
(Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM 2022)

Potensi pasar digital & revenue

image-illustration-section
Terdapat 63,95 Juta Usaha mikro. Target 2 tahun pertama akuisisi 36 rb warung @ perdagangan 15jt perbulan, margin 2,5%, potensi revenue Rp. 13.5 milyar perbulan.
image-illustration-section
Belanja PPOB tumbuh pesat. PLN 89,15juta. Pengguna HP lebih dari 200jt. Jika 90% melakukan 3 kali transaksi digital setiap bulan, biaya admin Rp.481,41 milyar (3 x @Rp2.000). Potensi 23 juta pengguna = Rp. 138 milyar per bulan. Masih ada 92jt calon belum tersentuh digital emerging huge market.
image-illustration-section
Simpan Pinjam (kredit mikro) sebagai jaring pengaman sosial (safety net). Target 1jt anggota peminjam @3 jt bagi hasil 1,5% = Rp. 45 milyar. NPL ditekan dengan adanya pendampingan yg intensif.
image-illustration-section
Bisnis suplay chain ke 36 rb warung, @15jt perbulan, margin 5%, potensi revenue Rp. 27 milyar perbulan. Potensi ini sangat besar
logo-whatsapp